RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(No. 2.3)
Satuan Pendidikan : SMP Negeri 3 Kalikajar
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VII (Tujuh) / (Dua)
Alokasi Waktu : 2 X
40 menit / 2 Jam Pelajaran
v STANDAR
KOMPETENSI
2.
Memahami bentuk Aljabar, Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu
Variabel
v KOMPETENSI
DASAR
2.3.
Menyelesaikan Persamaan Linier Satu Variabel
v
INDIKATOR
Setelah menggunakan alat peraga kartu
penyelesaian persamaan linear satu variabel siswa dapat:
2.3.1
Mengenali Persamaan Linier Satu Variabel
(PLSV) dalam berbagai bentuk dan variabel
2.3.2
Menentukan bentuk setara dari Persamaan
Linier Satu Variabel (PLSV) dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi,
dikalikan atau dibagi dengan bilangan yang sama.
2.3.3
Menentukan penyelesaian dari Persamaan Linier
Satu Variabel (PLSV)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Siswa dapat menentukan PLSV dalam
berbagai bentuk dan variabel
2. Siswa
dapat menggunakan alat peraga kartu penyelesaian persamaan linear satu variabel
dalam menentukan bentuk setara dari PLSV
3. Siswa
dapat menggunakan sifat dalam menentukan bentuk setara dari PLSV dengan cara kedua
ruas ditambah, dikurangi, dikalikan atau dibagi dengan bilangan yang sama
4. Siswa dapat menyelesaikan PLSV dengan
menggunakan alat peraga kartu penyelesaian persamaan linear satu variabel
B. MATER1 POKOK PEMBELAJARAN
Persamaan
Linier Satu Variabel (PLSV)
Kalimat
tertutup/pernyataan adalah kalimat yang dapat ditentukan benar atau salahnya.
Kalimat terbuka adalah
kalimat yang memuat variabel (peubah) sehingga belum bisa diketahui nilai kebenarannya
(belum tahu benar/salahnya). Variabel adalah lambang (simbol) yang dapat
diganti oleh sembarang ilangan yang ditentukan.
Persamaan adalah
kalimat terbuka yang menggunakan tanda hubung sama dengan ( = ).
Persamaan Linear Satu
Variabel adalah suatu persamaan yang terdiri dari satu variabel dan variabelnya
berpangkat satu.
Bentuk setara adalah
persamaan yang mempunyai penyelesaian yang sama.
Penyelesaian adalah
pengganti dari variabel sehingga persamaan menjadi benar.
Menyelesaikan PLSV dapat
dilakukan dengan :
o Menambah atau mengurangi kedua ruas dengan
bilangan yang sama.
o Mengalikan atau membagi kedua ruas dengan
bilangan yang sama.
Menyelesaikan Persamaan
bentuk Pecahan dapat dilakukan dengan
mengalikan kedua ruas dengan KPK dari penyebut-penyebutnya, sehingga didapat
persamaan yang sudah tidak lagi mengandung pecahan yang dapat diselesaikan
seperti menyelesaikan PLSV.
Model
Kartu Penyelesaian Persamaan Linear Satu Variabel
C. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
- Model Pembelajaran :
Kooperatif (CTL)
Metode : Tanya jawab, demonstrasi, diskusi kelompok, presentasi
dan pemberian tugas
D.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
a) Kegiatan Pendahuluan (±
10 menit)
- Berdoa.
-
Guru mengucapkan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran peserta didik. (ketaqwaan, kedisiplinan dan empati).
-
Guru mengkomunikasikan kompetensi, tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan
dicapai siswa.
Apresiasi : Mengingkatkan
kembali siswa tentang operasi pada bentuk aljabar (tambali, kurang, kali dan
bagi) pada variabel dan suku-suku sejenis sebagai pengetahuan prasyarat.
Motivasi : Memberi contoh penting mempelajari materi
persamaan linear satu variabel. Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka akan
dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah sehari-hari, misalnya dalam permasalahan
ekonomi.
-
Guru menyampaikan proses pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b) Kegiatan Inti (+60 menit)
-
Guru mendemonstrasikan cara
menyelesaikan persamaan linear satu variabel dengan alat peraga kartu
penyelesaian persamaan linear satu variabel.
-
Guru membagi siswa dalam
kelompok-kelompok yang setiap kelompoknya terdiri dari 4 s.d. 5 siswa.
-
Guru membagikan alat peraga kartu
penyelesaian persamaan linear satu variabel kepada setiap kelompok.
-
Secara kelompok siswa mengerjakan LKS/Soal
pada Buku Siswa (diskusi dan tanya jawab) dengan waktu yang telah ditentukan. (berpikir kritis
dan bekerja sama)
-
Guru sambil berkeliling memberi bantuan
untuk kelompok yang mengalami kesulitan sekaligus melakukan penilaian kelompok.
-
Guru meminta laporan/hasil kerja kelompok
kemudian memberikan kesempatan kelompok untuk mempresentasikan hasil kerja
kelompoknya (ditunjuk oleh Guru menyesuaikan dengan waktu). (berpendapat
dan percaya diri)
-
Guru memfasilitasi jalannya presentasi
kelompok dan memberikan penghargaan kepada kelompok yang tampil dan kelompok
yang menanggapi.
-
Guru mengarahkan siswa untuk mengubah
posisi tempat duduk dan siswa kembali kemeja masing-masing.
-
Guru memberi secara acak lembar evaluasi
yang dikerjakan secara perorangan untuk mengukur keberhasilan guru dalam proses
pembelajaran.
c) Kegiatan Penutup (10 menit)
-
Dengan tanya jawab siswa diarahkan
membuat rangkuman
-
Siswa dan guru melakukan refleksi
-
Guru memberikan tugas rumah untuk
soal-soal yang belum sempat dibahas
E. ALAT-ALAT
DAN SUMBER BELAJAR
-
Buku teks SMP kelas VII semester Gasal Karangan Cholik Adinawan
Penerbit Erlangga.
-
Buku Siswa Matematika SMP Kelas VII
Kemendikbud
-
Lembar Kerja Siswa
-
Alat peraga kartu penyelesaian persamaan
linear satu variabel
F. PENILAIAN
Teknik : Lisan dan tulis
Bentuk Instrumen :
Tes uraian dan isian
Instrumen :
1. Berikut
ini yang merupakan persamaan linear satu variabel adalah ....
a). x + y = 2 c). 5y^2= 500
b). 3x + 1 = 10 d). -4y
+ 3 = 3x
2. Berikut ini persamaan yang setara
dengan x + 4 = 11 adalah ....
a). 2x + 8 = 22 c). -2x
+ 8 = -22
b). 2x – 8 = 22 d). -2x
- 8 = -22
3. Jika
10p
= 50, maka p = ....
4. Jika
4m
+ 2 = 6, maka m = ....
5. Tentukan
penyelesaian dari 3y = 2y + 5
6. Tentukan
penyelesaian dari 10 + 2t = 3t
Jawaban: Skor
1.
3x
+ 1 = 10 …………………………………………………………………... 5
2. 2x
+ 8 = 22 …………………………………………………………………… 5
Mengetahui
|
Kalikajar, 2 Januari 2015
|
|
Kepala Sekolah
|
Guru Mata Pelajaran
|
|
Sri Puji Astuti, M.Pd
|
Hermanto, S.Pd
|
|
NIP. 19690125 199601 2 001
|
NIP. 19790316 200801 1 008
|
Lampiran
1
LEMBAR
KERJA SISWA (LKS)
Satuan Pendidikan : SMP Negeri 3 Kalikajar
Mata Pelajaran : Matematika
Kompetensi Dasar : 2.3 Menyelesaikan Persamaan Linear Satu
Variabel
Indikator : Siswa dapat menyelesaikan persamaan linear
satu variabel
Kelompok : ....................................................................................
Anggota : 1 ........................................... 4 .................................
2 ........................................... 5 .................................
3 ........................................... 6 .................................
Petunjuk
Diskusikan masalah berikut dengan teman
kelompokmu kemudian buatlah laporan
untuk hasil diskusinya!
1.
Dengan menggunakan kartu penyelesaian
persamaan linear satu variabel, tentukan persamaan yang setara dengan x +
2 = 6 dengan cara menambah, mengurangi, mengalikan atau membagi dengan
variabel/bilangan yang sama.
2.
Dengan menggunakan kartu penyelesaian
persamaan linear satu variabel, tentukan penyelesaian dari y + 3 = 8
3.
Dengan menggunakan kartu penyelesaian
persamaan linear satu variabel, tentukan penyelesaian dari 2p + 10 = 1
4.
Dengan menggunakan kartu penyelesaian
persamaan linear satu variabel, tentukan penyelesaian dari 2x + 3 = 7
5.
Dengan menggunakan kartu penyelesaian
persamaan linear satu variabel, tentukan penyelesaian dari 5x - 3 = 2x + 12
6.
Tanpa menggunakan kartu penyelesaian
persamaan linear satu variabel, tentukan himpunan penyelesaian dari:
a.
12x
- 10 = - 6x + 4
b.
2p
+ 4 = 14 - p
Langkah-Langkah /
Proses Menjawab:
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
Catatan
Guru:
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
Lampiran
2
BAHAN
PEKERJAAN RUMAH (PR)
Satuan Pendidikan : SMP Negeri 3 Kalikajar
Mata Pelajaran : Matematika
Kompetensi Dasar : 2.3 Menyelesaikan Persamaan Linear Satu
Variabel
Indikator : Siswa dapat menyelesaikan persamaan linear
satu variabel
Nama : ....................................................................................
Kelas : ....................................................................................
No.
Absen : ....................................................................................
Petunjuk
Kerjakan
soal berikut dengan cara menambah, mengurangi, mengalikan atau membagi dengan
variabel/bilangan yang sama!
1. Tentukan
penyelesaian dari x + 2 = 25
2. Tentukan
penyelesaian dari 3t - 5
= 27 + t
3. Tentukan 5 buah
persamaan yang setara atau ekuivalen dengan pesamaan 2y – 4 = 6
No comments:
Post a Comment