Breaking News

Sunday, November 6, 2016

RPP Matematika Kelas VII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(No. 2.3)

Satuan Pendidikan                :  SMP Negeri 3 Kalikajar
Mata Pelajaran                     :  Matematika
Kelas / Semester                  :  VII (Tujuh) / (Dua)
Alokasi Waktu                     :  2 X 40 menit / 2 Jam Pelajaran


v  STANDAR KOMPETENSI
 2.  Memahami bentuk Aljabar, Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel

v  KOMPETENSI DASAR
2.3.    Menyelesaikan Persamaan Linier Satu Variabel

v  INDIKATOR
Setelah menggunakan alat peraga kartu penyelesaian persamaan linear satu variabel siswa  dapat:
2.3.1         Mengenali Persamaan Linier Satu Variabel (PLSV) dalam berbagai bentuk dan variabel
2.3.2         Menentukan bentuk setara dari Persamaan Linier Satu Variabel (PLSV) dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan atau dibagi dengan bilangan yang sama.
2.3.3         Menentukan penyelesaian dari Persamaan Linier Satu Variabel (PLSV)

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.     Siswa dapat menentukan PLSV dalam berbagai bentuk dan variabel
2.     Siswa dapat menggunakan alat peraga kartu penyelesaian persamaan linear satu variabel dalam menentukan bentuk setara dari PLSV
3.   Siswa dapat menggunakan sifat dalam menentukan bentuk setara dari PLSV dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan atau dibagi dengan bilangan yang sama
4. Siswa dapat menyelesaikan PLSV dengan menggunakan alat peraga kartu penyelesaian persamaan linear satu variabel

B.     MATER1 POKOK PEMBELAJARAN
Persamaan Linier Satu Variabel (PLSV)
Kalimat tertutup/pernyataan adalah kalimat yang dapat ditentukan benar atau salahnya.
Kalimat terbuka adalah kalimat yang memuat variabel (peubah) sehingga belum bisa diketahui nilai kebenarannya (belum tahu benar/salahnya). Variabel adalah lambang (simbol) yang dapat diganti oleh sembarang ilangan yang ditentukan.
Persamaan adalah kalimat terbuka yang menggunakan tanda hubung sama dengan ( = ).
Persamaan Linear Satu Variabel adalah suatu persamaan yang terdiri dari satu variabel dan variabelnya berpangkat satu.
Bentuk setara adalah persamaan yang mempunyai penyelesaian yang sama.
Penyelesaian adalah pengganti dari variabel sehingga persamaan menjadi benar.
Menyelesaikan PLSV dapat dilakukan dengan :
o    Menambah atau mengurangi kedua ruas dengan bilangan yang sama.
o    Mengalikan atau membagi kedua ruas dengan bilangan yang sama.
Menyelesaikan Persamaan bentuk Pecahan  dapat dilakukan dengan mengalikan kedua ruas dengan KPK dari penyebut-penyebutnya, sehingga didapat persamaan yang sudah tidak lagi mengandung pecahan yang dapat diselesaikan seperti menyelesaikan PLSV.

Model Kartu Penyelesaian Persamaan Linear Satu Variabel

                                       
    


C.     KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
-    Model Pembelajaran   :     Kooperatif (CTL)
Metode                     :   Tanya jawab, demonstrasi, diskusi kelompok, presentasi dan pemberian tugas

D.          LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
a)   Kegiatan Pendahuluan (± 10 menit)
-  Berdoa.
- Guru mengucapkan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran  peserta didik. (ketaqwaan, kedisiplinan dan empati).
- Guru mengkomunikasikan kompetensi, tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai siswa.
Apresiasi :  Mengingkatkan kembali siswa tentang operasi pada bentuk aljabar (tambali, kurang, kali dan bagi) pada variabel dan suku-suku sejenis sebagai pengetahuan prasyarat.
Motivasi  : Memberi contoh penting mempelajari materi persamaan linear satu variabel. Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka akan dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah sehari-hari, misalnya dalam permasalahan ekonomi.
- Guru menyampaikan proses pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b)   Kegiatan Inti (+60 menit)
-          Guru mendemonstrasikan cara menyelesaikan persamaan linear satu variabel dengan alat peraga kartu penyelesaian persamaan linear satu variabel.
-          Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok yang setiap kelompoknya terdiri dari 4 s.d. 5 siswa.
-          Guru membagikan alat peraga kartu penyelesaian persamaan linear satu variabel kepada setiap kelompok.
-          Secara kelompok siswa mengerjakan LKS/Soal pada Buku Siswa (diskusi dan tanya jawab) dengan waktu yang telah ditentukan. (berpikir kritis dan bekerja sama)
-          Guru sambil berkeliling memberi bantuan untuk kelompok yang mengalami kesulitan sekaligus melakukan penilaian kelompok.
-          Guru meminta laporan/hasil kerja kelompok kemudian memberikan kesempatan kelompok untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya (ditunjuk oleh Guru menyesuaikan dengan waktu). (berpendapat dan  percaya diri)
-          Guru memfasilitasi jalannya presentasi kelompok dan memberikan penghargaan kepada kelompok yang tampil dan kelompok yang menanggapi.
-          Guru mengarahkan siswa untuk mengubah posisi tempat duduk dan siswa kembali kemeja masing-masing.
-          Guru memberi secara acak lembar evaluasi yang dikerjakan secara perorangan untuk mengukur keberhasilan guru dalam proses pembelajaran.
c)   Kegiatan Penutup (10 menit)
-          Dengan tanya jawab siswa diarahkan membuat rangkuman
-          Siswa dan guru melakukan refleksi
-          Guru memberikan tugas rumah untuk soal-soal yang belum sempat dibahas


E.     ALAT-ALAT DAN SUMBER BELAJAR
-       Buku teks SMP kelas VII  semester Gasal Karangan Cholik Adinawan Penerbit Erlangga.
-       Buku Siswa Matematika SMP Kelas VII Kemendikbud
-       Lembar Kerja Siswa
-       Alat peraga kartu penyelesaian persamaan linear satu variabel

F.     PENILAIAN
Teknik                    :     Lisan dan tulis
Bentuk Instrumen   :     Tes uraian dan isian

Instrumen               :
1. Berikut ini yang merupakan persamaan linear satu variabel adalah ....
a). x + y = 2                                       c).  5y^2= 500
b). 3x + 1 = 10                                  d). -4y + 3 = 3x
2. Berikut ini persamaan yang setara dengan x + 4 = 11 adalah ....
a). 2x + 8 = 22                                  c). -2x + 8 = -22
b). 2x – 8 = 22                                  d). -2x - 8 = -22

3. Jika 10p = 50, maka  p = ....
4. Jika 4m + 2 = 6, maka m = ....
5. Tentukan penyelesaian dari 3y = 2y + 5
6. Tentukan penyelesaian dari 10 + 2t = 3t

Jawaban:                                                                                                                  Skor
    1. 3x + 1 = 10     …………………………………………………………………...    5
    2. 2x + 8 = 22      ……………………………………………………………………   5




 




Mengetahui
Kalikajar, 2 Januari 2015

Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran




Sri Puji Astuti, M.Pd
Hermanto, S.Pd

NIP. 19690125 199601 2 001
NIP. 19790316 200801 1 008





Lampiran 1
LEMBAR KERJA SISWA (LKS)

Satuan Pendidikan  :   SMP Negeri 3 Kalikajar
Mata Pelajaran         :   Matematika
Kompetensi Dasar   :   2.3 Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel
Indikator                 :   Siswa dapat menyelesaikan persamaan linear satu variabel
Kelompok                :   ....................................................................................
Anggota                  :   1 ...........................................   4 .................................
                                    2 ...........................................   5 .................................
                                    3 ...........................................   6 .................................
Petunjuk
Diskusikan masalah berikut dengan teman kelompokmu kemudian buatlah  laporan untuk hasil diskusinya!
1.      Dengan menggunakan kartu penyelesaian persamaan linear satu variabel, tentukan persamaan yang setara dengan x + 2 = 6 dengan cara menambah, mengurangi, mengalikan atau membagi dengan variabel/bilangan yang sama.
2.      Dengan menggunakan kartu penyelesaian persamaan linear satu variabel, tentukan penyelesaian dari y + 3 = 8
3.      Dengan menggunakan kartu penyelesaian persamaan linear satu variabel, tentukan penyelesaian dari 2p + 10 = 1
4.      Dengan menggunakan kartu penyelesaian persamaan linear satu variabel, tentukan penyelesaian dari 2x + 3 = 7
5.      Dengan menggunakan kartu penyelesaian persamaan linear satu variabel, tentukan penyelesaian dari 5x - 3 = 2x + 12
6.      Tanpa menggunakan kartu penyelesaian persamaan linear satu variabel, tentukan himpunan penyelesaian dari:
a.       12x - 10 = - 6x + 4
b.      2p + 4 = 14 - p



Langkah-Langkah / Proses Menjawab:

....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................

Catatan Guru:
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................





Lampiran 2
BAHAN PEKERJAAN RUMAH (PR)

Satuan Pendidikan  :   SMP Negeri 3 Kalikajar
Mata Pelajaran         :   Matematika
Kompetensi Dasar   :   2.3 Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel
Indikator                 :   Siswa dapat menyelesaikan persamaan linear satu variabel

Nama                       :   ....................................................................................
Kelas                       :   ....................................................................................
No. Absen               :   ....................................................................................
Petunjuk
Kerjakan soal berikut dengan cara menambah, mengurangi, mengalikan atau membagi dengan variabel/bilangan yang sama!

1. Tentukan penyelesaian dari x + 2 = 25
2. Tentukan penyelesaian dari 3t - 5 = 27 + t

3. Tentukan 5 buah persamaan yang setara atau ekuivalen dengan pesamaan 2y – 4  = 6

No comments:

Post a Comment

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Sagusablog